SALAH SATU VISI KOTA SUKABUMI MASIH PERLU DITINGKATKAN

Sukabumikota.go.id---Salah satu Visi Kota Sukabumi, Sebagai Pusat Pelayanan Berkualitas Bidang Perdagangan, khususnya dalam Bidang Daya Beli dan Jasa, masih perlu ditingkatkan kembali, karena belum maksimal. Hal tersebut ter-ungkap, dalam Seminar Identifikasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Potensial Kota Sukabumi, yang diselenggarakan oleh Lembaga Peduli Pendidikan Masyarakat (LP2M) Kota Sukabumi, baru-baru ini, di Cafe D'Grean Kota Sukabumi.
Namun demikian, menurut Wakil Walikota Sukabumi, Doktor H. Mulyono, M.M., yang hadir dalam seminar tersebut menandaskan, Pemerintah Kota Sukabumi tetap optimis, bahwa Visi Kota Sukabumi tersebut dapat dicapai dengan baik. Bahkan target dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Sukabumi sampai tahun 2020, Kota Sukabumi dijadikan icon di Tingkat Nasional.

Sementara Ketua LP2M Kota Sukabumi, Ahmad Hidayat, M.Pd. mengatakan, pihaknya telah melakukan identifikasi terhadap seluruh UKM yang ada di Kota Sukabumi, sekaligus mengambil sampel dari setiap kecamatan, sehingga hasil identifikasi ini dapat dikatakan realita. Dijelaskannya, dari 1.600 UKM yang terdata oleh Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopperindag) Kota Sukabumi, terdapat sejumlah UKM yang perlu mendapat perhatian dari pemerintah, karena kondisinya sangat memprihatinkan. Diantaranya UKM Permen Jahe, Batako, Perlengkapan Kebersihan, Boks Speaker dan sebagainya. Maksud dan tujuannya, untuk mencapai salah satu Visi Kota Sukabumi, khususnya dalam Bidang Perdagangan. Selain itu, juga masih terdapat kesenjangan, antara UKM yang satu dengan UKM yang lainnya.
Berkaitan dengan hal tersebut, maka dalam seminar ini pihaknya sengaja mengundang seluruh stake holders. Diantaranya pihak pemerintah, para pelaku UKM, perbankan, dan LSM, supaya dapat memberikan suatu solusi alternatif, baik dalam pembinaan maupun dalam pendanaan, khususnya bagi UKM yang membutuhkan bantuan.
Dijelaskan pula, LP2M Kota Sukabumi, merupakan lembaga baru di Kota Sukabumi. Namun demikian, pihaknya akan senantiasa konsen, sekaligus melakukan pembinaan dan pelatihan life skill, terhadap para pelaku UKM di Kota Sukabumi. Karena pembinaan dan pelatihan life skill, secara langsung berhubungan dengan keterampilan masyarakat, khususnya dalam melakukan pengelolaan UKM.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar