Prioritas Pembangunan Kota Sukabumi 2011

Sukabumikota.go.id---Berbagai isue strategis di Kota Sukabumi dalam tahun 2011, akan dijawab dengan pelaksanaan beberapa prioritas pembangunan. Diantaranya peningkatan kualitas kehidupan ber-agama dan sosial budaya, penanganan kemiskinan melalui pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat, peningkatan dan pengembangan kesempatan kerja dan ber-usaha, melalui pemberdayaan Koperasi serta Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUMKM), termasuk sektor-sektor lainnya. Selanjutnya peningkatan kualitas pemerintahan menuju good governance dan clean government, peningkatan kualitas pelayanan pendidikan, peningkatan kualitas pelayanan kesehatan, optimalisasi pemanfaatan ruang dan peningkatan jaringan infrastruktur kota, serta peningkatan kualitas dan daya dukung lingkungan perkotaan.
Wakil Walikota Sukabumi, Doktor H. Mulyono, M.M. menandaskan, dengan pelaksanaan beberapa prioritas pembangunan tersebut, kebijakan alokasi anggaran belanja Kota Sukabumi, pada tahun 2011 akan diarahkan untuk mendukung kegiatan ekonomi nasional, guna memacu peningkatan kesejahteraan rakyat, dengan tetap melanjutkan tiga sasaran utama. Antara lain, kebijakan untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan berkualitas atau pro growth, dicerminkan dalam alokasi anggaran yang ber-orientasi pada pengembangan perekonomian daerah, serta berbasis pada perekonomian masyarakat dan KUMKM, termasuk pengembangan infrastruktur dan suprastruktur pendukung ekonomi. Adapun besaran anggaran dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (R-APBD) Kota Sukabumi Tahun 2011, yang dialokasikan untuk kepentingan tersebut, direncanakan sebesar 21 milyar 165 juta 421 ribu rupiah.
Sementara kebijakan untuk menciptakan dan memperluas lapangan kerja atau pro job, diarahkan pada upaya pengembangan perekonomian dan infrastruktur, yang dapat menciptakan lapangan –lapangan kerja baru. Selain itu, juga diarahkan pada peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) tenaga kerja, serta mendorong peningkatan akses para pencari kerja terhadap pasar kerja, dengan besar anggaran dalam R-APBD Kota Sukabumi Tahun 2011, direncanakan sebesar 106 milyar 80 juta 38 ribu rupiah.
Sedangkan kebijakan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, melalui program-program jaring pengaman sosial yang berpihak kepada masyarakat miskin atau pro poor, diarahkan pada peningkatan kemampuan masyarakat miskin, dalam meng-akses fasilitas-fasilitas pelayanan dasar, serta membangun kemampuan masyarakat miskin dari sisi perekonomiannya, dengan besar anggaran dalam R-APBD Kota Sukabumi Tahun 2011, direncanakan sebesar 53 milyar 48 juta 604 ribu rupiah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar