Walikota Resmikan Pasar Degung

Web Kota Sukabumi -- Walikota Sukabumi, H. Mokhamad Muslikh Abdussyukur, S.H., M.Si., hari Kamis, 13 Januari 2011, meresmikan peng-operasian Pasar Tradisional Degung, tepatnya di wilayah Kelurahan Benteng, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, setelah pasar tersebut dilakukan perbaikan dan peningkatan, sejak beberapa waktu yang lalu. 
Dengan telah diresmikannya peng-operasian pasar tersebut, warga masyarakat Kelurahan Benteng Kecamatan Warudoyong Kota Sukabumi dan sekitarnya, khususnya yang akan berbelanja, menurut Walikota Sukabumi, tidak perlu jauh-jauh pergi ke Pasar Pelita, atau ke Pasar Ciwangi dan Pasar Gudang, sebab di pasar ini pun cukup tersedia.
Dijelaskannya, perbaikan dan peningkatan pasar tradisional tersebut, menghabiskan dana sebesar 851 juta rupiah, bantuan dari Kementerian Koperasi dan UKM RI Tahun 2010. Adapun pasar yang dibangun dua lantai tersebut, untuk menampung para pedagang. Antara lain, lantai dasar untuk menampung 47 pedagang, menempati 6 buah kios dan 41 buah los. Sedangkan lantai atas, diperuntukan bagi para pedagang Usaha Mikro Kecil dan Mengah (UMKM), yang menjual berbagai produk oleh-oleh dan cinderamata.
Sementara Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopperindag) Kota Sukabumi, Drs. Dudi Fathul Jawad, M.Pd. menjelaskan, pasar tradisional ini, ke depan akan difungsikan bagi para pedagang kreatif lapangan. Karena program tersebut, sangat bermanfaat bagi pertumbuhan perekonomian masyarakat. Adapun maksud dan tujuannya, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sesuai Visi Pembangunan Kota Sukabumi, serta Visi Walikota dan Wakil Walikota Sukabumi.
Selain itu, program tersebut juga merupakan bentuk peningkatan pemberdayaan, bagi para pedagang kreatif lapangan, khususnya yang ada di sekitar wilayah Pasar Degung, baik dalam melakukan penjualan maupun dalam melakukan promosi berbagai produk unggulan, berupa oleh-oleh, makanan, minuman, dan cinderamata, hasil para Pengrajin Kota Sukabumi. Dikatakannya, apabila Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Sukabumi mencukupi, ke depan pihaknya akan membangun pasar sejenis, di setiap kecamatan yang ada di Kota Sukabumi.
Dalam pada itu, salah seorang Konsultan Pembangunan Pasar Tradisional Degung, Kelurahan Benteng, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, Heru Siswanto menjelaskan, pelaksanaan perbaikan dan peningkatan bangunan pasar tradisional tersebut, hanya memakan waktu selama 35 hari kerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar